Sabtu, 25 Februari 2012

Hubungan Antara Karakter dan Baka


/sort-popular/social-sciences/psychology/
ª
Hubungan Antara Karakter dan Bakat

Bakat seseorang itu dipengaruhi oleh konstitusi karakternya, bahkan ada kalanya bakat itu dibangun oleh karakternya. Bakat itu sendiri sifatnya herediter, artinya telah dibawa sejak lahir, dan merupakan kecakapan yang khusus, yang sedikit sekali dipengaruhi oleh pengalaman.
Namun demikian, dalam pengertian yang luas, karakter itu dapat memberikan bentuk yang nyata pada potensi-potensi bakat ini dan memberikan ruang gerak yang lebih luas pula sebab bakat-bakat itupun berkembangnya memerlukan perangsang-perangsang. Dengan demikian karakter dan kepribadian manusia itu mempengaruhi keaktifan tumbuhnya bakat tadi.
Ada kalanya bakat ini menyebabkan kekakuan dan sifat-sifat yang naïf. Sebabnya ialah karena dengan memiliki bakat-bakat tersebut sering timbul sikap sombong dan egosentris yang tebal, sehingga menyukarkan tergugahnya potensi-potensi yang lain. Oleh karena itu pribadi harus dapat mengadakan distansi pada diri sendiri dan harus dapat keluar dari ego sentrisnya, agar dapat memperoleh kebenaran.
Tipe primer, yang pada umumnya kurang dapat berfikir introspektif, kurang dapat memasak insightnya guna memperbaiki karakternya, sehingga kurang pula keberaniannya untuk mengoreksi karakternya sendiri. Oleh karena itu orang-orang yang memiliki bakat yang besar, terutama bakat intelek, mempunyai kemungkinan besar pula melalui insight-insightnya akan bisa mempengaruhi karakternya. Sebab untuk dapat bertindak secara tepat, orang memerlukan insight yang tepat, dan insight ini didorong oleh kecenderungan-kecenderungan dan usaha-usaha yang tepat. Oleh karena itu maka terjadilah kerjasama dan pengaruh yang timbal balik antara karakter dan bakat yang didorong oleh kehidupan kehendak dan intelek tadi dan kerjasama antara bakat, karakter, dan kehendak ini adalah soal struktur kepribadian sebagai totalitas atau satu kesatuan yang terintegrasi.

Hubungan Antara Temperament, Karakter dan Bentuk Jasmani

Manusia adalah merupakan kesatuan psikhophisis yaitu ada unsur jasmaniahnya dan ada pula unsur rohaniahnya. Kedua aspek itu saling mempengaruhi. Maka terdapatlah selalu dimensi ketegangan dan dinamika antar kedua unsur tersebut sehingga dengan demikian jasmaniah menentukan karakter dan karakter mengekspresikan diri dalam bentuk tingkah laku jasmaniah. Maka dengan memperhatikan perbedaan bentuk bangunan dan struktur dan jasmani manusia, orang mencoba hendak mengerti sifat-sifat karakter seseorang.

Arti mimpi


Arti - Arti Mimpi 
1. Mimpi diberi anak : Akan mendapat harta.
2. Mimpi berkelahi dengan seseorang tapi kalah : Akan mendapat malu.
3. Mimpi berjualan di pasar : Pertanda jelek, karena kita akan mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan.
4. Mimpi berjalan melalui banyak duri : Akan mengalami suatu kegagalan terhadap apa yang selama ini kita inginkan.
5. Mimpi berjalan dijembatan berbatu : Akan mendapatkan keselamatan.
6. Mimpi berjalan sangat jauh : Akan mendapatkan umur panjang.
7. Mimpi berjalan dijalan yang memiliki dua arah : Akan mengalami kerugian.
8. Mimpi bertengkar dengan atasan : Akan mendapat sanjungan dari Bos.

9. Mimpi melihat suami istri bertengkar : Akan mengalami penurunan dalam kesehatan.
10. Mimpi melerai orang yang sedang bertengkar : Akan dimintai pendapat oleh orang untuk memecahkan suatu persoalan.
11. Mimpi bertengkar dengan orang lain : Akan mendapat sambutan yang hangat sekali dari kekasih.
12. Mimpi berzina dengan pelacur : Akan mendapatkan istri yang setia dan penuh pengertian.
13. Mimpi berzina dengan ibu sendiri : Akan mengalami kerugian atau kesialan.
14. Mimpi berzina dengan janda : Akan mendapat istri yang masih gadis.
15. Mimpi berzina dengan seorang putri : Akan mengalami suatu kerugian.
16. Mimpi berzina dengan seorang dewi / bidadari : Akan mendapat anak dalam perkawinan.
17. Mimpi berziina di WC : Akan mendapat suatu kehinaan.
18. Mimpi melihat bulan purnama : Akan mendapat keuntungan yang besar sekali.
19. Mimpi melihat rembulan jatuh : Akan mengalami kesusahan.
20. Mimpi melihat burung kuntul : Akan selalu salah dalam bicara. Oleh sebab itu harus berhati-hati ketika berbicara dengan orang lain.
21. Mimpi memegang burung merpati : Akan mendapat kabar atau berita.
22. Mimpi mendengar suara burung berkicau : Akan mendapatkan uang.
23. Mimpi melihat burung kenari yang bernyanyi di sangkar : Akan merasakan kebahagiaan.
24. Mimpi melihat burung gereja : Akan merencanakan sebuah usaha.
25. Mimpi melihat burung perkutut : Akan mendapatkan seorang anak yang baik budi pekertinya.
26. Mimpi melihat bintang menyinari kita : Akan naik pangkat.
27. Mimpi melihat bintang jatuh : Akan mendapat berkah dari Tuhan.
28. Mimpi melihat bintang kemukus jatuh dirumah kita : Akan mendapat kebahagiaan.
29. Mimpi ada buaya masuk rumah : Akan mendapat keuntungan.
30. Mimpi melihat buaya : Ada orang yang diam-diam akan mencelakakan kita.
31. Mimpi melihat buaya masuk ke kali : Akan memperoleh kesuksesan.
32. Mimpi membagi-bagikan bunga pada teman : Akan berpisah dengan teman.
33. Mimpi melihat bermacam-macam bunga : Akan merasakan kebahagiaan.
34. Mimpi bercinta dengan kekasih : Cinta yang kita bina akan tumbuh subur.
35. Mimpi baru memulai bercinta : Akan mengalami percekcokan dengan kekasih kita.
36. Mimpi gagal dalam bercinta ; Akan mampu membina cinta dengan baik.
37. Mimpi melihat ada darah diranjang : Akan mengalami kesusahan.
38. Mimpi melihat ada darah : Akan merasakan sesuatu yang sangat lezat.
39. Mimpi diberi dompet oleh seseorang yang tak dikenal : Akan mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas.
40. Mimpi menemukan dompet kosong : Akan mendapatkan berita yang sebenarnya kita tak ingin mendengarnya lagi.
41. Mimpi melihat dompet yang berisi penuh uang : Akan mendapat kebahagiaan.
42. Mimpi melihat orang berdasi : Akan mendapatkan keberuntungan .
43. Mimpi memakai dasi : Akan menderita penyakit.
44. Mimpi memberi gaji/upah pada istri/suami : Akan mendapat kepercayaan dalam hal cinta kasih.
45. Mimpi mendapat gaji : Akan mendapat kepercayaan dari atasan.
46. Mimpi melihat bos membagi-bagikan gaji pada teman-teman : Akan mendapat job/tugas baru.
47. Mimpi memberikan gaji pada pegawai : Akan disenangi oleh teman-teman.
48. Mimpi menolong orang yang terkena gempa : Akan mengalami keberuntungan dalam usaha.
49. Mimpi merasa ada gempa : Akan pindah dari tempat tugas semula.
50. Mimpi ada salah satu gigi tanggal : Akan ada salah seorang keluarga yang meninggal.
51. Mimpi sakit gigi sambil menangis : Akan mendapatkan halangan.
52. Mimpi melihat gunung meletus : Akan mendapatkan kedudukan terhormat.
53. Mimpi menaiki gunung yang terjal sekali dan mencapai puncak : Akan mencapai kemajuan dalam usaha.
54. Mimpi bertemu guru : Akan mendapat karunia.
55. Mimpi tengah berguru : Akan memperoleh ilmu yang baik.
56. Mimpi melihat gerhana matahari atau bulan : Akan mengalami kegagalan.
57. Mimpi melihat gajah masuk ke rumah : Akan naik pangkat.
58. Mimpi melihat gajah : Akan mendapat pujian dari orang berpangkat.
59. Mimpi melihat gajah keluar dari rumah : Akan kedatangan tamu orang terhormat.
60. Mimpi dikejar-kejar hantu : Akan menemukan kesalahan sendiri.
61. Mimpi berbicara dengan hantu : Akan berhasil dalam mencapai sesuatu.
62. Mimpi diadili oleh hakim : Akan terhindar dari fitnah.
63. Mimpi menjadi hakim : Akan memperoleh kedudukan yang tinggi.
64. Mimpi melihat harimau memasuki rumah namun kemudian kembali : Akan mengalami percintaan yang tidak abadi.
65. Mimpi dikejar-kejar harimau : Akan mendapatkan keberuntungan karena secepatnya mendapatkan jodoh.
66. Mimpi menembak harimau : Akan mendapat rejeki yang banyak.
67. Mimpi melihat hidangan yang beraneka macam : Akan mencapai kebahagiaan dalam hidup.
68. Mimpi sedang menikmati hidangan : Akan mendapatkan rejeki.
69. Mimpi melihat hujan dari jauh : Akan menemukan kesusahan.
70. Mimpi melihat ada orang kehujanan : Akan mendapat kesusahan.
71. Mimpi kehujanan disertai angin ribut : Akan mendapatkan sesuatu yang melezatkan.
72. Mimpi melihat hujan buah-buahan : Akan menjadi pemimpin dari orang yang berbuat jahat.
73. Mimpi melihat hujan salju : Ada musuh yang datang namun ia akan mengalami kebinasaan.
74. Mimpi melihat hujan yang sangat lebat : Akan sakit.
75. Mimpi melihat hujan yang berhentinya lama sekali : Akan sakit yang sembuhnya lama sekali.
76. Mimpi berada disekitar istana : Akan segera berjumpa dengan orang terhormat.
77. Mimpi berada di dalam istana : Akan mendapat kesenangan dan kebahagiaan.
78. Mimpi berpesan kepada ibu : Akan mendapat derajat yang tinggi.
79. Mimpi melihat ibu : Akan mendapat kebahagiaan.
80. Mimpi membuat sebuah jembatan : Akan tercapai dalam mengejar cita-cita.
81. Mimpi melalui jembatan : Pertanda derajat kita akan naik.
82. Mimpi menaiki perahu dan melalui jembatan : Akan melakukan sesuatu dengan hasil yang memuaskan.
83. Mimpi turun ke jurang : Akan kekurangan rejeki dan tidak akan naik pangkat.
84. Mimpi menggali jurang : Akan mendapat masalah. Oleh sebab itu kita harus hati-hati berbicara dengan orang lain.
85. Mimpi menaiki jurang : Akan segera naik pangkat.
86. Mimpi meninggalkan sebuah kapal : Akan mengalami bahaya.
87. Mimpi melihat ada kapal berlayar : Akan segera mendapatkan pekerjaan.
88. Mimpi melihat ada orang naik kapal : Akan mendapat keberuntungan.
89. Mimpi berada dalam sebuah kapal : Akan berhasil dalam membina bahtera rumah tangga.
90. Mimpi membeli sebuah kapal : Usaha yang kita tekuni akan berkembang dengan pesat.
91. Mimpi melihat kancing terjatuh : Akan mengalami rintangan. Maka harus berhati-hati dalam melakukan atau memutuskan sesuatu.
92. Mimpi memsang kancing baju : Pertanda kita harus memperbaiki kesalahan.
93. Mimpi merasa kehilangan kancing : Akan mendapat teguran dari apa yang kita kerjakan.
94. Mimpi merasa berduaan dengan suami/istri : Akan berhasil dalam melakukan sesuatu.
95. Mimpi dikamar kita banyak orang : Pertanda kita harus sabar karena akan ada banyak orang yang akan mengejek kita.
96. Mimpi berada didalam kamar mewah : Akan mendapat sesuatu yang diinginkan.
97. Mimpi berduaan didalam kamar : Akan mendapatkan hal-hal kecil tapi bermasalah.
98. Mimpi diberi kalung oleh seseorang : Akan mendapat keuntungan.
99. Mimpi membeli kalung di toko : Akan menjadi orang yang berbudi luhur.
100. Mimpi menemukan kalung dijalan : Akan dicelakai oleh orang lain.
sumber:  situs di internet

tanda-tanda kedutan


Arti Tanda - Tanda Kedutan


Kedutan atau berkedut-kedut yang biasa terjadi di tubuh manusia,terjadi tidak hanya di suatu tempat saja,tetapi sering terjadi di beberapa bagian tubuh.Di alami oleh semua orang,baik pria maupun wanita.Kedutan biasanya berdenyut kencang atau berkedut-kedut di salah satu bagian anggota badan,setiap manusia pasti merasakan apa itu namanya kedutan yang di sadari maupun tidak di sadari karna kedutan pasti punya makna arti tersendiri yang tersembunyi dan mempunyai arti di setiap kedutannya.

Tanpa harus mendahului kehendak ALLAH bahwa kedutan menandakan apa yang akan terjadi terhadap kita entah besok atau lusa hanya Allah yang tau,yang perlu kita ketahui hanyalah akan terjadinya sesuatu terhadap kita yang menjadikan kita bersyukur atas nikmat Nya,bertawakal dan bersabar diri menghadapi cobaan karena Allah Maha adil tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya kecuali dia mampu menghadapinya.karena tau akan arti kedutan kita juga bisa hati-hati dalam berbuat dan memutuskan sesuatu dari segi ucapan,tingkah laku dalam pergaulan dan melakukan pekerjaan sehari-hari dalam beraktifitas,dan extra hati-hati dalam menghadapinya persoalan.namun yang paling utama pasrah akan kehendak Allah dan selalu berdoa akan perlindunggan Nya,karna nasib bisa kita rubah dengan kerja keras dan takdir bisa kita rubah dengan doa,hanya kepada Allah swt lah kita berserah diri,semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang beruntung,amin ya robbal alamin.
Berikut ini tanda-tandanya :

Arti-arti Kedutan:

* Kedutan di ubun-ubun kepala artinya akan mendapatkan kebahagiaan/kesenangan.
* Kedutan di kepala sebelah kanan artinya akan mendapat sakit.
* Kedutan di kepala sebelah kiri artinya akan mendapat kemuliaan.
* Kedutan di seluruh kepala artinya akan melihat yang aneh-aneh atau ajal sudah dekat.
* Kedutan di dahi artinya akan mendapat harta atau ilmu pengetahuan.
* Kedutan di tengkuk artinya akan di cintai orang kaya.
* Kedutan di alis yang kanan artinya akan berbahagia,tetapi akan mendapat kesukaran terlabih dahulu.
* Kedutan di alis yang kiri artinya akan mendapat kesenangan hati,bertemu keluarga.
* Kedutan di kelopak mata kanan artinya akan mendapat keuntungan.
* Kedutan di kelopak mata kiri artinya akan bertemu dengan kekasih/orang yang di cintai.
* Kedutan di kelopak mata kanan bawah artinya akan bersedih.
* Kedutan di kelopak mata kiri bawah artinya akan bersedih hati juga.
* Kedutan di ekor mata kanan sebelah atas artinya akan sembuh dari sakit.
* Kedutan di ekor mata kiri sebelah atas artinya akan bertemu keluarga yang jauh.
* Kedutan di ekor mata kanan sebelah bawah artinya akan bertemu orang jauh.
* Kedutan di ekor mata kiri sebelah bawah artinya akan sakit.
* Kedutan di biji mata kanan artinya akan bersedih hati.
* Kedutan di biji mata kiri artinya akan bersuka hati.
* Kedutan di sekujur hidung artinya akan mencium kekasih.
* Kedutan di hidung sebelah kanan artinya akan lepas dari penyakit.
* Kedutan di hidung sebelah kiri artinya akan tercapai cita-cita.
* Kedutan di pelipis kanan artinya akan mendapat kesukaran,kematian dan sebagainya.
* Kedutan di pelipis kiri artinya akan mendapat ketenangan hati.
* Kedutan di telinga kanan artinya akan mendapat kabar yang menyenangkan hati.
* Kedutan di telinga kiri artinya akan datang keluarga yang jauh.
* Kedutan di pipi kanan artinya akan panjang usia.
* Kedutan di pipi kiri artinya akan sembuh dari skit.
* Kedutan di bibir kanan sebelah atas artinya akan bertengkar mulut.
* Kedutan di bibir kiri sebelah atas artinya akan menjawab dengan perkataan yang baik.
* Kedutan di seluruh bibir artinya akan mencium kekasih.
* Kedutan di pada lidah artinya akan makan enak.
* Kedutan di anak lidah artinya akan mendapat hura-hura.
* Kedutan di kerongkongan sebelah kanan artinya akan mendpat kesenangan.
* Kedutan di kerongkongan sebelah kiri artinya akan dapat harta.
* Kedutan di leher artinya akan dapat kebajikan.
* Kedutan di dagu kanan artinya akan berkawan dengan orang kaya.
* Kedutan di dagu kiri artinya akan bertambah ilmu pengetahuan.
* Kedutan di bahu kiri artinya akan mendapat hadiah.
* Kedutan di bahu kanan artinya akan mendapat harta.
* Kedutan di belikat kanan artinya akan mendapat pakaian baru.
* Kedutan di belikat kiri artinya akan mendapat harta.
* Kedutan di hasta kanan artinya akan mendapat ketenangan.
* Kedutan di hasta kiri artinya akan mendapat harta.
* Kedutan di lengan kanan artinya akan mendapat kebaikan.
* Kedutan di lengan kiri artinya akan mendapat kawan baik.
* Kedutan di sikut kanan artinya akan berkelahi.
* Kedutan di sikut kiri artinya akan mendapat sakit.
* Kedutan di telapak tangan kanan artinya akan mengeluarkan uang.
* Kedutan di telapak tangan kiri artinya akan menerima uang.
* Kedutan di semua jari kanan artinya akan menerima uang.
* Kedutan di semua jari kiri artinya akan di senangi orang.
* Kedutan di ibu jari kanan artinya akan menerima uang dan di hormati orang.
* Kedutan di ibu jari kiri artinya akan menjadi kepala pengurus.
* Kedutan di telunjuk kanan artinya akan bertemu keluarga.
* Kedutan di telunjuk kiri artinya rahasia akan di ketahui orang.
* Kedutan di kelingking kanan artinya akan mendapat pujian orang.
* Kedutan di kelingking kiri artinya akan mendapat kabar baik.
* Kedutan di jari manis kanan artinya akan menerima uang dengan senang hati.
* Kedutan di jari manis kiri artinya akan mendapat wanita cantik.
* Kedutan di susu kanan artinya akan berpeluk-pelukan.
* Kedutan di susu kiri artinya akan berpeluk-pelukan dengan wanita.
* Kedutan di lambung kanan artinya akan bercinta-cintaan.
* Kedutan di lambung kiri artinya akan menanggung rindu.
* Kedutan di belakang kanan artinya akan bertemu orang alim/berilmu.
* Kedutan di belakang kiri artinya akan di mulyakan orang.
* Kedutan di dada sebelah kanan artinya akan berpeluk-pelukan dengan wanita.
* Kedutan di dada sebelah kiri artinya akan mendapat kesengan hati.
* Kedutan di perut sebelah kanan artinya akan menerima uang banyak.
* Kedutan di perut sebelah kiri artinya akan kedatangan orang pembesar.
* Kedutan di pinggang sebelah kanan artinya akan mendapat kebaikan.
* Kedutan di pinggang sebelah kiri artinya akan mendapat anak.
* Kedutan di dubur artinya akan mendapat untung.
* Kedutan di pusar artinya akan dapat uang banyak.
* Kedutan di tumit kanan artinya akan bepergian.
* Kedutan di tumit kiri artinya akan mendapat hati senang.
* Kedutan di pangkal paha kanan artinya ada orang yang menaruh cinta pada kita.
* Kedutan di pangkal paha kiri artinya akan bersetubuh dengan seseorang.
* Kedutan di kedua pangkal paha artinya istri akan serong.
* Kedutan di paha kanan artinya akan bertemu keluarga.
* Kedutan di paha kiri artinya akan mendapat kebaikan atau menerima uang.
* Kedutan di lutut kanan artinya akan menerima uang.
* Kedutan di lutut kiri artinya akan menang berkelahi.
* Kedutan di betis kanan artinya akan pergi jauh.
* Kedutan di betis kiri artinya akan senang hati.
* Kedutan di pergelangan kaki kanan artinya akan mendapat hasutan orang.
* Kedutan di pergelangan kaki kiri artinya akan mendapat kemuliaan.
* Kedutan di mata kaki kanan artinya akan bertemu dengan orang jauh.
* Kedutan di mata kaki kiri artinya akan mendapat kabar baik.
* Kedutan di jempol kaki kanan artinya akan ada kematian keluarga.
* Kedutan di jempol kaki kiri artinya akan bertemu sahabat.

Untuk orang awam anggota badannya yang sering berkedut di mata dan tangan,dan untuk orang yang punya kelebihan seluruh tanda-tanda kedutan sering berkedut karna daya perasanya yang tajam.

sumber TS Buaran.
Penerbit U.F.Firdaus,jakarta
http://nagapasha.blogspot.com

KRITERIA UNTUK MENGEVALUASI KURIKULUM

BAB II
PEMBAHASAN
KRITERIA UNTUK MENGEVALUASI KURIKULUM
  1. PENGERTIAN EVALUASI KURIKULUM
Evaluasi merupakan suatu proses memberikan pertimbangan mengenai nilai dan arti sesuatu yang dipertimbangkan, sesuatu yang dipertimbangkan itu bisa benda, orang, kegiatan, keadaan atau sesuatu kesatuan tertentu. Sedangkan kurikulum adalah sesuatu yang direncanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan pendidikan.[1]atau sebagai sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik.[2]
. Evaluasi kurikulum ini dapat mencakup keseluruhan kurikulum atau masing-masing komponen kurikulum seperti tujuan, isi, atau metode pembelajaran yang ada dalam kurikulum tersebut.Secara sederhana. [3]
B. RUANG LINGKUP EVALUASI KURIKULUM
1)  Evaluasi tujuan dan kompetensi yang diharapkan dicapai oleh setiap anak yang  sesuai dengan visi dan misi lembaga.
Dalam evaluasi kurikulum seperti ini maka pokok yang akan dinilai adalah aspek tujuan atau kompetensi yang diharapkan dalam dokumen kurikulum, yaitu mencakup :
  1. Apakah kompetensi yang harus dicapai oleh setiap anak didik sesuai dengan misi dan visi sekolah.
  2. Apakah tujuan dan kompetensi itu mudah dipahami oleh setiap guru. Sebagai suatu dokumen, kuriulum tidak akan memiliki makna apa-apa tanpa diimplementasikan oleh guru. Maka guru perlu memahami mengenai kompetensi yang diharapkan oleh lembaga pendidikan.
  3. Apakah tujuan dan kompetensi dirumuskan dalam kurikulum sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.
2)  Evaluasi terhadap pengalaman belajar yang direncanakan.
Kriteria yang dijadikan patokan dalam tahap ini yaitu menguji pengalaman belajar diantaranya :
  1. Apakah pengalaman belajar yang ada dalam kurikulum sesuai atau dapat mendukung pencapaian visi dan misi lembaga pendidikan?
  2. Apakah pengalaman belajar yang direncanakan itu sesuai dengan minat siswa.
  3. Apakah pengalaman belajar yang direncanakan sesuai dengan karakteristik lingkungan di mana anak tinggal.
  4. Apakah pengalaman belajar yang ditetapkan dalam kurikulum sesuai dengan jumlah waktu yang tersedia.
3)  Evaluasi terhadap strategi belajar mengajar.
Sebagai suatu pedoman bagi guru, kurikulum juga seharusnya memuat petunjuk sehingga bagamana cara pelaksanaan atau cara mengimplementasikan kurikulum di dalam kelas. Sejumlah kriteria yang dapat diajukan untuk menilai pedoman strategi belajar mengajar, diantaranya:
  1. apakah strategi pembelajaran dirumuskan sesuai dan dapat ,mendukung untuk keberhasilan pencapaian kompetensi pendidikan.
  2. Apakah strategi pembelajaran yang diusulkan dapat mendorong aktivitas dan minat siswa untuk belajar?
  3. Bagaimanakah keterbacaan guru terhadap pedoman pelaksanaan strategi pembelajaran yang disusulkan?
  4. Apakah strategi pembeljaran sesuai dengan tingkat perkembangan siswa?
  5. Apakah strategi pembelajaran yang dirumuskan sesuai dengan alokasi waktu.
4)  Evaluasi terhadap program penilaian
Kompoenen berikutnya adalah komponen yang harus dijadikan sasaran penilai terhadap kurikulum sebagai suatu program adalah evaluasi terhadap program penilaian. Beberapa kriteria yang  dapat dijadikan acuan yaitu :
  1. Apakah program evaluasi relevan dengan tujuan atau kompetensi yang ingin dicapai;
  2. Apakah evaluasi diprogramkan untuk mencapai fungsi evaluasi baik sebagai formatif maupun sumatif;.
5)  Evaluasi terhadap implementasi kurikulum
Sisi kedua dari kurikulum adalah pelaksanaan atau implementasi kurikulum sebagai program. Beberapa kriteria yang dapat dijadikan pedoman sebagai berikut :
  1. Apakah implementasi kurikulum yang dilaksanakan oleh guru sesuai dengan program yang direncanakan?
  2. Apakah setiap program yang direncanakan dapat dilaksanakan oleh guru?
  3. Sejauhmana siswa dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai?
  4. Apakah secara keseluruhan implementasi kurikulum dianggap efektif dan efesien?

C.DASAR PENGELOMPOKAN KRITERIA EVALUASI KURIKULUM
kriteria evaluasi kurikulum adalah  Hubungan antara kurikulum dengan evaluasi. Hal ini dapat diartikan sebagai posisi sumber kriteria terhadap kurikulum. Dengan kata lain apakah kriteria itu berasal dari kurikulum ataukah berada diluar kurikkulum ataukah berada diantaranya.waktu pada saat kriteria untuk evaluasi tersebut dikembangkan. Hal ini berkaitan dengan situasi dan kondisi terhadap kegiatan pelaksanaan evaluasi kurikulum.
Adapun kriteria evaluasi kurikulim diantaranya ;
a). kriteria penilaian tujuan
1. perumusan tujuan dalam perubahan tingkah laku.
2. perumusan tujuan dengan jelas dan operasional.
3. tujuan bersumber atau  berdasarkan masyarakat.
4. berdasarkan system nilai atau kebudayaan masyarakat.
5. tujuan –tujuan itu dapat dicapai dan layak untuk dicapai.
6. tujuan-tujuan harus terinci, memadai dan menyeluruh.
b). kriteria seleksi peserta didik.
1. prosedur seleksi harus merupakan alat instruksional dan dan bertugas sebagai syarat untuk mempersiapkan tenaga lulusan.
2. lembaga pendidikan bertanggungjawab dalam mengadakan seleksi.
3. progam seleksi berkaitan dengan kemampuan institusi adan struktur administrasi kelembagaan.
4. seleksi dilakukan oleh tenaga progam pengajar.
5. hasil seleksi berguna untuk latihan dan penyaringan terhadap tenaga progam untuk memperoleh tenaga yang baik.
6. proses seleksi berdasarkan penilaian tentang
·         Kemampuan akedemik, tingkat kecerdasan dan lain-lain.
c). kriteria isi kurikulum.
1. isi kurikulum harus sesuai dengan perkembangan ilmu pengethuan dan penemuan-penemuan baru.
2. isi kurikulum memberikan kemudahan untuk memahami prisnsip-prinsip, konsep, fakta, prosedur dalam ruanglingkup pengetahuan tertentu.
3. isi kurikulum memberikan sumbangan tertentu untuk memperoleh keterampilan intelektual, keterampilan psikomorik, keterampilan reaktif dan keterampilan interaktif.
4. isi kurikulum hendaknya mendorong siswa untuk belajar secara kelanjutan serta sesuai denga tingkat kematangan dan penalaman peserta didik.
5. Isi kurikulum harus memberikan sumbangan terhadap perkembangan siswa secara menyeluruh dan seimbangan.
6. isi kurikulum hendaknya memberikan sumbanagn tertentu terhadap perkembangan moral khususnya terhadap penggunaan pengetahuan.
7. isi kurikulum mengarahkan siswa kepada tindakan sehari-hari, terhadap pelajaran dan pengalaman berikutnya.
d).kriteria pemilihan isi pendidikan umum
1.    Isi kurikulum bermakna untuk memecahkan masalah-masalah social masyarakat.
2.    Isi kurikulum memberikan sumbangan tertentu untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi dalam rangka pendidikan.
3.    Isi kuarikulum bermakna untuk mengembangkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain, membina hubungan antara insani dalam masyarakat.
4.    Isi kurikulum bermakna untuk mengaakan usaha-usaha kearah perbaikan kualitas kehidupan masyarakat.
5.    Isi kurikulum memberikan sumbangan tertentu bagi pengembangan kreativiatas, pengembangan gagasan-gagasan baru, dan melakukan eksplorasi terhadap masalah-masalah dalam masyarakat.
6.    Isi kurikulum memberikan landasan dalam usaha mendalami suatu bidang inti dalam kelompok mata pelajaran pokok.
e). kriteria pemilihan isi dalam pengajaran pokok (kelompok inti).
1.     Isi kurikulum bermakna bagi siswa untuk memcahkan masalah –masalah personal dan social.
2.    Isi kurikulum membantu peserta didik untuk memahami bidang sebagai suatu spesialis.
3.    Isi kurikulum membantu peserta didik untuk memahami suatu bidang pengajaran.
4.    Isi bidang kelompok pokok meliputi juga studi secara mendalam terhadap daerah tertentudalam berbagai disiplin ilmu dengan cara analisis.
5.    Isi pengajaran mempuyai kaitan kuat dengan bahan-bahan dalam pengajaran kelompok dasar.
f). kriteria pemilihan isi metodologi pendidikan.
1.    Isi pengajaran bermakna bagi peserta dalam menggunakan prinsip –prinsip  pendiidkan dan latihan guna menerapkan bidang pengajaran pokok dalam situasi-situasi masyarakat
2.    Metodologi kediklatan dikembangkan berdasarkan tingkat perkembangan perserta, prses belajar, kondisimasyarakat, disiplin ilmu, proses pendidikan atau kurikulum dan situasi kelembagaan.
3.    Isi pengajaran dalam ruanglingkup mata pelajaran, design pengjaran atau latihan, strategi belajar –mengaja, media pendidikan, evaluasi dan pengukuran pendidikan, praktek lapangan berdasarkan pilihan sesuai dengan tuntutan dalam paket progam.
4.    Isi pengajaran meliputi konsep, prinsip, dan teknik dalam proses bbelajar mengajar dalam kaitannya dengan penyampain mata pelajaran pokok.
g)Kriteria pemilihan isi keloompok penunjang
1.    Isi pengajaran memberikan sumbangan tertentu untuk menerapkan pengajaran pokok yang besifat mendukung pengajaran pokok.
2.    Isi pengajaran turut memperkaya pengajaran kelompok dasar dan inti, baik sebagai ilmu maupun sebagai seni dan teknologi.
3.    Isi kurikulum membantu peserta didik  dalam usha mendalami dan memperluas kemampuannya dalam bidang pengjaran inti atau spesialisasi.
4.    Isi pengajaran terdiri dari berbgai disiplin ilmu yang terkait dengan pengajaran dasar atau umum dan pengajaran inti.
5.    Isi pengajaran memadukan antara teori yang diperoleh dalam pengajaran pokok dengan praktek dilapangan.
6.    Isi pengajaran membantu peserta untuk menganalisa dan memcahkan masalah-masalah dalam pelaksanaan progam dilapangan.
h). kriteria pemilihan metode dan media
1.    konsistensi dengan dasar-dasar filosofi dan psikologis.
2.    berhubungan dengan jenis dan tingkat belajar yang diinginkan oleh pelatih.
3.    pengguna media adalah unutk meningkatkan pengaruuh proses belajar.
4.    penggunaan maam-macam media yang berbeda.
5.    pemberian kesempatan untuk mengalami secara langsung dalam menggunakan system komunikasi  yang luas.
6.    pemillihan berdasarkan penilaian Dari segi positif dan negative.
i).  kriteria bimbingan dan penyuluhan.
1.    Bimbingan dilukan secara terus meners.
2.    Bimbingan dilakukan dalam jangka panjang.
j). kriteria pembinaan professional kependidikan.
1.    Progam memberikan kesempatan kepada peserta untuk memperoleh pengalaman langsung dalam berbagai kegiatanyang berkenaan dengan kependidikan.
2.    Penyedia kesempatan yang luas untuk berperan serta dalam kegiatan-kegiatan forum komunikasi social masyaraka tuntuk pembinaan masyarakat
3.    Keikutsertaan semua pihak.
i).kriteria organisasi kurikulum
1.    Kurikulum diklat tenaga progam merupakan pendidikan professional yang tersusun sebagai suatu kesatuan yang meliputi empat aspek yakni : aspek umumaspek pokok,aspek metodologi kediklatan dan apek penunjang.
2.    Antara kompenen-kompenen tersebut disusun secara seimbang, tidak tumpang tindih, tetapi merupakan kesatuan progam, berdasarkan progam keseluruhan.
3.    Progam kurikulum memadukan teori dan praktek lapangan dan antara isi dan metode.



[1] Prof. dr. nasution M.AAsa-asas kurikulum(jakarta:PT. Bumi aksara, 2006.) h: 8
[2] Prof.dr. wina sanjaya,Kurikulum dan pembelajaran(jakarta:kencana,2010) h: 4
[3] http://via89.blogspot.com/2009/04/bab-i-pendahuluan-evaluasi-kurikulum.html